Wednesday, February 29, 2012

Apa Rahasia Bisnis Halal Anda Hari Ini

Ada banyak ide bisnis cemerlang baik bisnis online ataupun off line. Namun, yang menjadi masalah adalah apakah bisnis tersebut cocok dengan kemampuan dan waktu kita atau sekedar ikut-ikutan saja.

Ada suatu teori yang menyatakan bahwa untuk menjalankan suatu usaha maka 5 hal utama ini menentukan sekali. Yaitu : modal, rekan atau jaringan atau promosi, lokasi, mutu dan tentunya jiwa pedagang. Namun, sebetulnya masih banyak faktor yang menunjang bahwa suatu usaha akan sukses atau tetap di tempat atau malah bangkrut.

Saya sering berdiskusi dengan seorang teman pengusaha yang cukup sukses. Saya katakan sukses menurut ukuran saya karena salah satu rumah yang beliau miliki berharga Rp. 27 milyar rupiah di daerah Pondok Indah, Jakarta dan itu masih ada beberapa rumah lagi serta aset yang lainnya. Saya katakan, "Apa rahasia sukses anda?" Beliau jawab seperti yang saya tulis diatas ditambah "Otak cerdas yang dapat melihat kondisi pasar". Tentu ini jabarannya sangat luas.

Lalu, saya bilang,"Bukankah orang yang seperti anda ada banyak di luar sana. Dimana mereka juga memiliki modal besar, teman relasi yang banyak, pandai, cerdik, berpendidikan tinggi, lokasi strategis, promosi  maksimal, mutu pelayanan yang baik, tetapi toh usaha mereka tidak berkembang bahkan banyak yang bangkrut juga?"

Teman saya diam berfikir lalu mengiyakan apa yang saya katakan. Lalu dia bilang,"Jadi? Apa rahasia yang sebenarnya?" tanya dia balik ke saya. Saya bilang mungkin ini yang dinamakan "Izin Allah". Sepandai apapun otak bisnis seseorang, sebanyak apapun modal usaha, sebanyak apapun relasi usaha, sebaik apapun mutu produk atau jasa, sestrategis apapun lokasi usaha, dan lain-lain, bila Allah belum izin tentu kita tak dapat berbuat apa-apa.

Namun, setidaknya kita sudah berusaha secara maksimal demi kesuksesan bisnis yang kita jalankan.

4 comments:

  1. subahanalloh Kang, kisah yang sangat berharga bagi saya yang notabene seorang pedagang. Saya sangat setuju bahwa semua ini adalah atas ijin Alloh, dan dengan didasarkan atas pemikiran bahwa bekerja untuk ibadah maka Insya Alloh apa yang kita kerjakan menjadi bermakna ibadah yang dengan itu harapan kita adalah hasil yang diridhoi dan menjadi barokah untuk keluarga kita anak keturunan kita dan orang-orang di sekitar kita. Semoga, amin.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas, saya setuju dan ini saya posting karena kebanyak pengusaha yang sedang diuji kesuksesan wacananya mereka sukses karena kepiawaian otak mereka. Semoga saja kita selalu diberi kemampuan seperti yang mas katakan yaitu ibadah dan kerja keras kita tidak ada apa-apanya bila Allah tidak ijin.

    ReplyDelete
  3. subhanallah..
    sangat menyentuh tulisanya mas..
    moga kita tetap bisa saling mengingatkan

    ReplyDelete